Bunraku
merupakan salah satu dari karya seni boneka jepang klasik. Sebutan lain dari
Bunraku adalah Ayatsuri Joruri atau Ningyou Joruri. Kata Ayatsuri yang berarti
boneka dan Joruri yang berarti nyanyian (dalam agama budha). Jadi, Bunraku
adalah penggabungan dari 2 seni yaitu boneka dan nyanyian dalam agama budha.
Kesenan ini bermula dari pementasan Ningyo Joruri oleh seniman Uemura
Bunrakuken I diosaka sehingga diberinama “Bunraku”. Ningyo Joruri atau Bunraku
baru resmi dinamakan Bunraku sejak akhir zaman meiji (1868-1912).
Pada
awalnya kesenian Ningyo Joruri atau Bunraku tercipta dari adanya perpaduan
sandiwara boneka dan music shamisen diawal zaman Edo. Pada masa tersebut
Bunraku lebih terkenal dari pada pertunjukan karya seni boneka Kabuki sehingga
ada naskah dari karya seni boneka Kabuki yang diambil dari naskah Bunraku. Di
zaman edo sendiri pertunjukan Bunraku diciptakan oleh Hiraga Gennai dan sekitar
abad 18 sampai abad 19 pertunjukan Bunraku terus melampaui pertunjukan Kabuki.
Teater
Bunraku pertama kali dibangun oleh pemimpin kelompok Uemura Bunrakuken I.
Beliau membangun sebuah teater Bunraku dikozubashi yang sekarang menjadi
distrik Chugoku diosaka. Pada tahun 1872, beliau memindahkan teater kedaerah
yang sekarang menjadi distrik Nishi-ku diosaka. Pada akhir zaman meiji,
Bunraku-za merupakan satu-satunya teater Bunraku yang tersisa. Pada tahun 1909,
Bunraku-za berada dipengelolaan perusahaan hiburan shoichiku, setelah itu mulai
berpindah-pindah didalam kota Osaka.
Pada
tahun 1948, perusahaan hiburan shoichiku bertikai dengan serikat pekerja
bunraku, sehingga terbelah menjadi dua, yaitu Bunraku-inkai dibawah perusahaan
shoichiku dan Bunraku-sanwakai berada dibawah naungan serikat pekerja. Karena
perpecahan tersebut akhirnya peminat Bunraku menurun. Dan akhirnya pada tahun
1963, perusahaan hiburan menarik diri dan teater Bunraku-za beruba nama menjadi
Asahi-za. Organisasi nirlaba Bunraku kyokai yang disponsori prefektur Osaka,
kota Osaka, kementerian pendidikan jepang dan NHK menggantikan posisi
shoichiku.
Pada
tahun1984, gedung teater nasional Bunraku selesai dibangun diNipponbashi,Osaka,
sedangkan gedung yang lama ditutup. Didunia panggung, Bunraku sendiri pernah
mengalami kekurangan sumber daya manusia akibat kurangnya minat pada generasi
muda terhadap Bunraku. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan dibukanya
program pelatihan untuk orang dari kalangan Bunraku pada tahun 1973. Dan pada
masa sekarang ini, kementerian pendidikan jepang menetapkan Bunraku sebagai
Warisan Agung Budaya Nonbendawi. Dan UNESCO menetapkan Bunraku sebagai Karya
Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dalam daftar yang diterbitkan tahun
2003.
Boneka
bunraku adalah boneka yang dimainkan dalam pertunjukan bunraku, ada banyak
bermacam-macam karakter dan berbagai jenis boneka yang dipakai. Jenis dasar
boneka bunraku adalah boneka laki-laki dan boneka perempuan. Ukuran boneka
bunraku yaitu ½ sampai 2/3 ukuran tubuh manusia. Agar dapat memainkan boneka
yang cukup besar itu dibutuhkan 3 orang penggerak boneka atau yang disebut
ningyou tsukai. Bagian boneka bunraku sendiri mempunyai sendi-sendi agar boneka
dapat bergerak. Tidak hanya sendi-sendi, ada beberapa bagian tubuh boneka yang
bias diganti-ganti, contohnya bagian kepala. Kepala dari boneka bunraku dapat
diganti-ganti sesuai karakter yang akan dimainkan. Rambut dari boneka bunraku
juga bias diganti menggunakan rambut palsu khusus.biasanya wajah dan rambut
boneka menunjukkan karakter dan status social dari peran yang dimainkan.
Bahan-bahan intuk membuat kepala boneka adalah kayu dari jenis pohon Hanoki
(Chamaecyparis obtusa). Kepala boneka berongga dibagian dalam yang merupakan
hasil dari penggabungan bagian muka dan bagian belakang kepala. Kepala boneka
dibuat dengan cara membelah kepala boneka menjadi dua bagian da menggerok sisa
kayu yang terdapat dibagian dalamnya. Pada bagian wajah boneka, terdapat
mekanisme untuk menggerakan alis, bulu mata, dan bibir keatas atau kebawah.
Sedangkan dibagian mata untuk mengerakkan bola mata kekiri dan kekanan. Tali
untuk menggerakan alis dan mata melewati rongga dikepala boneka. Mekanisme
penggerak juga terdapat pada masing-masing kaki dan lengan. Jenis
Kepala dari Boneka Bunraku
Setiap
kepala dari bunraku menggambarkan karakter dari tokoh yang sedang dimainkan.
Apakah perannya baik atau jahat, dari status social yang tinggi atau biasa
saja, atau bahkan berstatus soaial rendah. Maka dari itu kepala dari boneka
bunraku sangat berperan penting. Jenis-jenis dari kepala boneka bunraku sendiri
berbeda-beda. Untuk kepala (kashira) ada dua macam yaitu :
1. Kepala
boneka laki-laki
2. Kepala
boneka perempuan
kepala boneka laki-laki :
·
Bunshici : dengan ekspresi maskulin
laki-laki tampan tapi sudah lama menderita, digunakan untuk tokoh utama cerita
tragedi.
·
Darasuke : dengan ekspresi mengejek
untuk peran orang jahat.
·
Genda : untuk peran laki-laki tampan
berumur 20 tahunan.
·
Kenbishi : dari garis mulut yang tegas
menandakan kemuan keras, digunakan untuk samurai, orang kota dan sebagainya.
·
Kiichi : untuk peran samurai tua untuk
hati yang penuh cinta.
·
Kintoki : untuk samurai yang kuat dan
berperasaan dalam cerita jidaimono.
·
Komei : untuk samurai berusia empat
puluhan hingga lima puluhan, secara jelas terlihat kepribadian halus dan
bijaksana.
·
Matahei : dengan ekspresi rakyat biasa,
orang kecil atau penduduk kota yang jujur.
·
Odanshici : dengan ekspresi laki-laki
pemberani.
·
Wakaotoko : laki-laki remaja untuk kisah
cinta.
·
Yokanpei : dengan wajah buruk untuk
peran orang jahat yang komikal.
Kepala boneka wanita :
·
Fukeoyama : digunakan untuk berbagai
peran wanita berusia 20 tahunan hingga 40 tahunan.
·
Keisei : kepala boneka paling cantik
untuk peran wanita oenghibur kelas tinggi yang sensual.
·
Musume : boneka perempuan belum kawin
berusia 14 atau 15 tahun dengan ekspresi murni tanpa dosa.
·
Ofuku : untuk peran wanita berwajah lucu
atau komikal.
Pertunjukan
Bunraku
Pertunjukan
bunraku hanya dibawakan oleh laki-laki. Pertunjukan bunraku sendiri mempunyai 4
unsur yang diset dengan sangyou yaitu :
1. Panggung
(yuka)
2. Pemain
shimasen
3. Penyanyi
dan pengisi suara (Taiyu)
4. Dalang
(ningyou tsukai)
Panggung (yuka)
Saat pementasan
bunraku panggung atau yang disebut dengan yuka, berada disisi kanan penonton.
Diatas yuka terdapat panggung yang dapat memutar dan merupakan tempat duduk
taiyu dan pemain shimasen.
Pemain Shimasen
Pertunjukan
bunraku juga diiringi dengan music. Alat music yang dgunakan salah satunya
adalah shimasen. Pemain shimasen memainkan shimasen berukuran besar dengan gema
yang berukuran berat (futo) sehingga disebut futuzoa shimasen. Pemusik duduk
dalam posisi seiza, tetapi kedua belah kaki dilipat kebelakang dengan lutut yang
dibuka lebar danseluruh berat badan tertumpu dibagian pantat.
Penyanyi dan pengisi suara boneka
(Taiyu)
Taiyu
adalah penyanyi sekaligus pengisi suara boneka dalam pertunjuksn bunraku.
Seorang taiyu harus bias mengisi berbagai jenis suara baik itu suara wanita,
pria, anak-anak. Biasanya dalam pertunjukan hanya membutuhakan satu orang taiyu
saja. Tetapi jika ada dialog yang bersahut-sahutan dibutuhkan dua taiyu atau
lebih yang dapat duduk berjejer.
Dalang (ningyou tsuki)
Dalam
memainkan boneka bunraku dibutuhkan 3 orang penggerak atau ningyou tsuki. Penggerak
utama disebut sebagai omozukai yang bertugas sebagai penyangga tubuh boneka dan
penggerak tangan kanan boneka. Biasanya yang menjadi omozukai adalah seorang
senior yang berpengalaman. Sebagai omozukai, ia tidak perlu menggunakan kostum
hitam seperti kedua dalang yang lainnya. Untuk menggimbangi posisi yang lainnya
omozukai harus memakai geta yang tingginya sekitar 20cm-50cm.
Selain
omozukai juga ada penggerak lainnya yaitu hidarizukai dan ashizukai. Hidarizukai
bertugas menggerakan tangan kiri boneka dan Ashizukai menggerakan kedua kaki
boneka. Biasanya Hidarizukai dan Ashizukai menggunakan jubah hitam dan selubung
kepala berwarna hitam agar tidak terlihat oleh penonton maka dari bagian
pinggang kebawah tubuh dalang dihalangi dengan papan kayu yang disebut tesuri.
Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAH…Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembus…dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANAL…Yang SaYa Minta Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))
BalasHapus